Usaha dalam bidang teknologi informasi merupakan salah satu usaha yang mungkin dapat dikatakan menjanjikan. Dikarenakan dewasa ini teknologi informasi berkembang sangat pesat. Dan masih akan terus berkembang. Dengan terus berkembangya kemajuan teknologi ini membuat kinerja seseorang akan menghasilkan hasil yang optimal dengan waktu yang lebih efesien. Maka dari itu usaha dibidang TI ini terus berlomba menciptakan perangkat yang dapat lebih membantu para kinerja konsumennya.

Walaupun banyak sekali bidang bisnis IT, tetapi pada umumnya bidang usaha yang sering dimasuki oleh seorang pebisnis baru adalah:

• Perusahaan pengembangan perangkat lunak aplikasi (software house).

• Konsultan Implementasi Teknologi Informasi baik itu implementasi hardware maupun implementasi software.

• Distributor dari produk-produk IT, baik hardware ataupun software.

• Training dan pendidikan bidang IT.

• Jual beli barang secara online

• dll

Bisnis online merupakan salah satu bisnis TI yang tergolong sangat murah karena :

– Tidak membutuhkan toko secara fisik sehingga tidak perlu menyewa ruko atau kios untuk buat toko

– Tidak membutuhkan gudang yang besar untuk menyimpan inventori karena inventorinya sangat minimal

– Tidak membutuhkan pekerja yang banyak cukup satu-dua orang sudah dapat melakukannya

– Pasar tidak terbatas, semua negara bisa menjadi pasar kita

– Yang terpenting adalah tidak perlu modal yang besar untuk melakukannya. Cukup modal untuk beli domain, hosting, komputer dan bayar koneksi internet.

 

Beberapa kemampuan utama yang harus dimiliki oleh seorang Enterpreneur dalam bidang IT adalah:

• Kemampuan dalam bidang Penjualan (Salesmanship). Kemampuan ini merupakan kemampuan utama yang harus dimiliki oleh seorang entrepreneur untuk membujuk calon pelanggan dalam menggunakan produk dan solusi yang dimiliki. Kegagalan dalam melakukan kegiatan penjualan maka perusahaan akan mati dan gagal untuk bertumbuh.

• Kemampuan dalam bidang teknis yg cukup baik mengenai produk atau solusi yang ditawarkan. Kemampuan ini akan memberikan jaminan bahwa si entrepreneur mengetahui dengan pasti produk atau solusi yang diberikan dan mampu menjaga kualitas dari produknya untuk kepuasan pelanggan.

• Pemahaman dalam bidang keuangan perusahaan (Accounting, Financial Report, Cash-flow management, dan lain-lain). Kemampuan dalam bidang ini sangat diperlukan untuk dapat melakukan perencanaan dan pengendalian operasi perusahaan. Kegagalan dalam bidang ini akan menjadikan perusahaan mengalami kesulitan keuangan yang berakibat dari gagalnya operasi perusahaan walaupun pada saat yang sama perusahaan memiliki pesanan yang cukup besar.

• Kemampuan dalam bidang Human-Relationship adalah kemampuan yang tidak kalah pentingnya untuk dikuasai oleh seorang entrepreneur.

Sumber ; http://ifuneuii.wordpress.com/kewirausahaan/membangun-usaha-dalam-bisnis-it-2/