Salah satu unsur mutlak pembentukan Negara adalah rakyat atau bangsa. Bangsa atau rakyat merupakan bagian saja dari pengkatagorian umat manusia.

Didalam Declaration of Rights of Man “Bangsa adalah sumber kekuasaan seorang atau kelompok, tidak memiliki hak memegang kekuasaan yang secara jelas berasal dari bangsa”

Menurut Ernest Renan “Bangsa adalah satu jiwa yang melekat pada sekelompok manusia yang merasa bersatu, karena mempunyai nasib dan penderitaan yang sama pada masa lampua dan mempunyai cita-cita yang sama pada masa depan”.

Menurut Krenenburg “bangsa ialah setiap anggota masyarakat pada umumnya sadar bekeinginan untuk mengorganisir secara merdeka. Sadar akan kata seia-sekata dan sadar untuk berartinya hidup bersama dalam suatu Negara”

Dari berbagai pengertian yang ada bangsa dapat diartikan “sekelompok manusia yang dipersatukan oleh hal-hal yang bersifat ideal, yaitu persamaan sejarah, penderitaan bersama dan persamaan cita-cita. Yakni perasaaan bersama dan persamaan ras, etnik, agama, bahasa dan adat istiadat.