Perkembangan peradaban manusia diiringi dengan perkembangan  cara  penyampaian informasi yang biasa dikenal dengan  istilah Teknologi  Informasi. Teknologi Informasi (TI) merupakan suatu bidang industri yang berkembang dengan begitu pesatnya pada tahun-tahun terakhir ini, dan akan terus berlangsung untuk tahun-tahun mendatang.

Perkembangan industri dalam bidang TI ini membutuhkan suatu formalisasi yang lebih baik dan tepat mengenai pekerjaan, profesi berkaitan dengan keahlian di bidang TI. Perkembangan bidang Telematika dan Teknologi Informasi yang sangat pesat perlu diimbangi dengan penyiapan sumber daya manusia yang handal, untuk mengantisipasi persaingan global yang sudah semakin dekat.

Bangsa Indonesia berusaha untuk tidak tertinggal dengan bangsa lain menyangkut telematika. Dengan dirintis oleh beberapa orang yang berdedikasi pada dunia akademisi, pengenalan dunia telematika mulai dilakukan seiring berkembangnya situasi politik dan ekonomi yang ada.

Perkembangan telematika di Indonesia terus mengalami peningkatan, sejalan dengan kemajuan teknologi yang terjadi. Prospek ke masa depan, telematika di Indonesia memiliki potensi yang tinggi, baik itu untuk kemajuan bangsa, maupun pemberdayaan sumber daya manusianya. Perkembangan telematika di Indonesia itu secara bertahap-tahap mulai dari adanya periode rintisan sekitar tahun 1970an, periode pengenalan sekitar tahun 1990an dan sampai periode aplikasi pada tahun 2000.

1.   Periode Rintisan

Pada periode rintisan dimana pengetahuan orang-orang indonesia belajar menggunakan telematika dn minimal mengetahui caranya.

Sebagai contoh ialah dalam penggunaan email dan teleconferenc yang menyajika dialog interaktif lewat radio dimana dihubungkannya jaringan intenet dengan radio.

2.  Periode Pengenalan

Teknologi telematika sudah banyak digunakan dan masyarakat mengenalnya. Jaringan radio amatir yang jangkauannya sampai ke luar negeri marak pada awal tahun 1990. Dan sekitar tahun 1994 internet pun sudah mulai memasuki Indonesia, tidak hanya akademisi namun tidak sedikit orang umum yang sudah dapat menggunakan.

3.  Periode Aplikasi

Adalah Reformasi yang banyak disalahartikan, melahirkan gejala yang serba bebas, seakan tanpa aturan. Sehingga mulai terjadinya pembajak-bajakan yang beredar. Pembajakan software, lagu atau film, internet dan pembajakan lainnya.

Iklan