Kata “Telematika” diidentikan dengan dunia internet di Indonesia. Telematika berasal dari bahasa Perancis yaitu “Telematique” yang dapat diartikan sebagai bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi Telematika adalah istilah untuk mendefinisikan telekomunikasi melalui media informatika. Berdasarkan definisi tersebut telematika sebenarnya mencakup dua teknik yaitu telekomunikasi dan informatika yang merupakan perpaduan konsep Computing and Communication.

Telematika dapat diletakan dalam berbagai bidang;

  • Dengan Internet semua masyarakat di dunia dapat berkomunikasi dengan teknologi informasi yaitu komputer / laptop dengan cangkupan yang sangat luas.
  • Integrasi antara sistem telekomunikasi dan informatika yang dikenal sebagai Teknologi Komunikasi dan Informatika atau ICT (Information and Communications Technology). Secara lebih spesifik, ICT merupakan ilmu yang berkaitan dengan pengiriman, penerimaan dan penyimpanan informasi dengan menggunakan peralatan telekomunikasi.
  • Istilah ini juga dapat digunakan dalam system GPS (Global Positioning System) sebagai bagian integral dari komputer dan teknologi komunikasi berpindah (mobile communication technology).
  • Secara lebih spesifik, istilah telematika ini juga dapat dipakai untuk bidang kendaraan dan lalulintas.