Artikel pertama

Hasil analisa :

1.      Kata

Terdapat beberapa kata dalam bahasa asing yang sebenarnya masih dapat diartikan kedalam bahasa Indonesia,contoh : computer science yang menyebabkan kerancuan kalimat. Selain itu cerita diatas masih terdapat kata-kata yang tidak baku yang merupakan bahasa asing seperti “text”.

2.      Kalimat

Terdapat  kesalahan dalam penulisan kalimat.contoh: sejak computer diciptakan orang,maka kata “orang” akan lebih tepat jika diganti dengan kata “manusia” dan masih terdapat  kalimat lainnya. Susunan kata yang tidak teratur, penggunaan dua kata yang yang tidak berkaitan yang mengakibatkan pembaca sulit memahami isi dari topik tersebut,contoh:”keinginan demikian”, dan kesalahan ejaan mengakibatkan pola kalimat tidak efektif. Serta itu ada penyajian tanda baca yang kurang tepat.

3.      Kesatuan alinea

Kesatuan alinea pada topik diatas dapat dikatakan kurang baik. Karena antara alinea agak sulit untuk diidentifikasi. dimana Alinea pertama merupakan alinea definisi, alinea kedua dan ketiga merupakan alinea definisi yang kurang memiliki kaitan dengan alinea pertama.pada alinea pertama menjelaskan tentang sejarah komputer,

4.      Topik

Topik artikel di atas menarik dan bermanfaat. Karena dengan terus berkembangnya teknologi dalam bidang komputer .

5.      Isi artikel

Isi artikel yang ada sesuai dengan topic yang dibicarakan “SUATU MODEL KAIDAH PEMENGGALAN SUKU PERTAMA PADA KATA BAHASA INDONESIA: KASUS PADA HURUF AWAL B”

6.      Logika

Artikel di atas mengandung kalimat-kalimat yang tidak logis. Kesalahan dalam memilih kata, penulisan pola, dan berbelit-belit. Contohnya bisa kita lihat pada kalimat keempat dari paragraph pertama. kalimat mengakibatkan informasi yang terkandung membuat pembaca sulit untuk memahaminya.

Artikel kedua

Hasil analisa :

1.      Kata

Kata yang terdapat pada artikel diatas cukup baik dan cukup mudah untuk dipahami oleh pembaca.

2.      Kalimat

penulisan pola kalimat pada artikel tersebut cukup baik susunan kata yang teratur mempermudah pembaca untuk memahami dan mengidentifikasi kalimat tersebut.

3.      Kesatuan alinea

Kesatuan alinea pada cerita diatas dapat dikatakan baik. Karena antara alinea dapat diidentifikasi. dimana Alinea pertama merupakan alinea definisi, alinea kedua dan ketiga merupakan alinea penguraian, .

4.      Topik

Topik artikel di atas menarik dan bermanfaat. Karena dengan mengetahui cara menyandingkan kata yang tepat berdasarkan kaidah bahasa indonesia

5.      Isi artikel

Isi artikel yang ada kurang sesuai dengan topik yang dibicarakan “: Pengintegrasian Teknologi Informasi dalam Kelas”

6.      Logika

Artikel di atas mengandung kalimat yang culup logis sehingga mempermudah pembaca untuk memahami isi artikel, pemilihan kata yang tepat, penulisan pola kalimat, yang tepat sehingga lebih mudah untuk diidentifikasi.