1.   Dalam urutan sebab-akibat, penulis memulai proses kreatif menulis  dengan  membicarakan permasalahan yang menyebabkan terjadinya masalah yang lain. Jelaskan pernyataan tersebut!

Dalam permasalahan atau peristiwa yang terjadi tentu dimulai dari adanya suatu sebab. Dari peristiwa yang terjadi akan menghasilkan peristiwa atau kejadian yang lain yang berdampak dari peristiwa atau masalah atau kejadian sebelumnya. Peristiwa yang awal terjadi disebut sebab dan hasil dari peristiwa tersebut disebut akibat. Sebagai contoh sederhana, bila kita rajin belajar/berusaha kita akan mendapatkan hasil yang akan memuaskan pula. Disini terlihat bahwa sebab dari kita rajin berusaha maka akibatnya kita mendapatkan hasil yang memuaskan.

2.   Deskripsi merupakan sebuah karangan yang mengajak pembacanya untuk dapat mendengar,     melihat dan merasakan secara langsung. Jelaskan pengertian deskripsi dan uraiakan pernyataan di atas disertai contoh yang jelas!

Deskripsi adalah upaya pengolahan data menjadi sesuatu yang dapat diutarakan secara jelas dengan tujuan agar dapat dimengerti dan dirasakan oleh orang yang tidak langsung mengalaminya sendiri.

Dalam keilmuan, deskripsi diperlukan agar peneliti tidak melupakan pengalamannya dan agar pengalaman tersebut dapat dibandingkan dengan pengalaman peneliti lain, sehingga mudah untuk dilakukan pemeriksaan dan kontrol terhadap deskripsi tersebut. Pada umumnya deskripsi menegaskan sesuatu, seperti apa sesuatu itu kelihatannya, bagaimana bunyinya, bagaimana rasanya, dan sebagainya.

http://id.wikipedia.org/wiki/Deskripsi

Setiap pagi saya selalu bangun diiringi dengan suara ayam yang berkokok dan juga kicauan burung yang berterbangan. Matahari pun mulai menampakan dirinya. Aku berjalan kedepan rumah terlintas terdapat hamparan gunung yang membentang. Didepan rumah banyak yang berlalu-lalang ada yang berjualan, berangkat ingin bertani dan ada yang hanya berjalan-jalan pagi. Dari kejauhan ada seseorang yang sedang menemani ternak-ternaknya mencari makan. Pagipun terlihat sangat sibuk.

Dihalaman rumah kakek ku yang menghadap ketimur terdapat pohon-pohon yang rindang, ada pohon mangga yang sedang berbuah sangat lebat, disamping kiri pohon mangga terdapat pula pohon jambu air yang belum berbuah karena belum musimnya. Sungguh pemandangan yang indah desa yang sangat asri dan damai.

 

3.   Dalam bab pertama pendahuluan dari sebuah laporan meliputi perumusan masalah yang hendak dipaparkan dalam laporan.  Buatlah ide penelitian dan tulis perumusan masalah secara jelas.

Disini kita akan melakukan sebuah penelitian system operasi android. Karena dewasa ini masyarakat sangat tinggi untuk membeli telephone genggam yang bersistem operasi android. Barang tersebut sudah menjadi kebutuhan dari sebagian orang. Maka dari itu penulis akan melakukan penelitian tentang android baik dari sisi kelebihan maupun kekurangannya. Supaya masyarakat akan lebih mengetahui tentang telephone genggam yang bersistem operasi android tersebut.

 

4.  a. Premis My   : Semua negara di Asia Tenggara yang sedang berkembang tergabung dalam ASEAN

Premis Mn  : Indonesia merupakan salah satu negara yang berkembang di Asia

Kesimpulan : Indonesia merupakan anggota ASEAN

 

b. My : Beberapa nelayan memiliki perahu bermotor

Mn : Beberapa tengkulak memiliki perahu bermotor

Kesimpulan : Nelayan dan tengkulak memiliki perahu bermotor

 

5.   a.  Karena kakak mengidap penyakit maag, maka kakak tidak boleh makan makanan yang asam.

–    Kakak tidak boleh makan makanan yang asam karena mengidap penyakit maag.

b.  Karena mengidap penyakit lever, ayah tidak boleh makan hidangan yang berlemak.

–  Ayah tidak boleh makan hidangan yang berlemak karena mengidap penyakit lever.

 

6. Misalnya Anda mengemukakan gagasan bahwa tinggal di daerah kumuh tidak baik bagi kesehatan. Gagasan yang dilengkapi dengan keterangan dan informasi ini menggunakan metode  indukuktif.

Latar Belakang

Sebagaimana diketahui, bahwa masyarakat di daerah kumuh selama ini tidak menyadari bahwa kesehatan merupakan aset berharga. Pola hidup mereka cenderung ke arah negatif. Seperti membuang sampah sembarangan, mandi, cuci dan kakus di tempat milik bersama serta tidak memerhatikan kebersihan makanan. Berdasarkan data yang dikumpulkan oleh Dinas Kebersihan Provinsi DKI Jakarta, sebanyak 100,9 ton sampah tidak terangkut pada kawasan kumuh dan berpotensi membawa bibit penyakit. Selain itu, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta juga mencatat bahwa 69% pasien yang dirawat di rumah sakit milik pemerintah berdomisili di daerah kumuh. Dengan demikian, masyarakat harus menyadari bahwa tinggal di daerah kumuh tidak baik untuk kesehatan.

Lingkup Permasalahan

Penelitian ini akan dilakukan pada tiga kelurahan kumuh yang berada di DKI Jakarta. Ketiga kelurahan tersebut yaitu, Kelurahan Kebon Kacang, Kelurahan Cilincing dan Kelurahan Kampung Melayu. Data yang diperlukan adalah jumlah penduduk, identitas narasumber, banyaknya sampah, tingkat penghasilan, dan riwayat penyakit yang pernah diderita.

Tujuan Penelitian

Secara khusus, penulisan ini bertujuan untuk mengetahui secara nyata kondisi daerah kumuh dan memberi masukan bagi para penentu kebijakan untuk menentukan alternatif-alternatif pemecahan masalah. Selain itu, tujuan utama dari penulisan ini adalah membantu masyarakat untuk lebih menyadari bahwa kesehatan adalah aset yang berharga sehingga harus diperhatikan secara seksama.

 

7. Identifikasi kesalahan pada pernyataan di bawah ini dalam konsep berpikir deduktif!

a. Semua pelaku kejahatan adalah korban rumah tangga yang berantakan.

Pernyataan di atas memiliki premis yang tidak dibatasi, yaitu pada semua pelaku kejahatan. Pada kalimat menjelaskan bahwa setiap kejahatan hanya disebabkan dari korban rumah tangga yang berantakan. Hal ini sulit diterima oleh logika, karena ada kejahatan yang dilakukan atas dasar ekonomi, dendam atau lainnya.

b.  Saya tidak pandai berenang. Hampir semua anggota keluarga saya tidak dapat berenang.

Pernyataan diatas mengandung hubungan sebab-akibat yang tidak tepat. Karena bila  diperhatikan premisnya tidak masuk akal. Kalimat yang dibuat tidak logis.