Multimedia adalah merupakan media yang diciptakan untuk menyajikan sesuatu dalam bentuk text, suara, gambar dan lainnya yang dimanfaatkan untuk berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi dengan melalui teknologi yang sedang berkembang dengan beragam jenis media. Penggunaan Multimedia saat ini sangat membantu dalam penyampaian bidang pengetahuan yang bersifat ilmiah.

Saat ini penggunaan multimedia sering banyak ditemukan untuk kebutuhan metode pembelajaran dengan mengambil informasi dari multimedia dengan menyajikan  beragam majalah, buku dengan bermacam-macam penulis dan penerbit. Disini manfaat tersebut dirasakan dalam mencari data yang berkaitan langsung dengan pembelajaran dengan harga murah dan terjangkau.

Dengan berkembang pesatnya fenomena multimedia ini dapat berdampak negative bila menyalahgunakan fungsi dari multimedia tersebut seperti membuat suatu tulisan ilmiah yang bersumber dari multimedia tanpa menulis pengarang asli dari tulisan tersebut dengan istilah lain plagiat atau pembajakan karya. Dampak negative lainnya adalah mencari suatu kebenaran informasi dengan mengubah keaslian informasi tersebut. Hal tersebut perlu dihindarkan supaya fungsi multimedia menjadi tepat sasaran.

Adanya fenomena tersebut diatas dapat disimpulkan bahwa multimedia adalah merupakan sarana untuk penyampaian informasi yang dapat berupa komunikasi, informasi maupun hiburan. Dalam pelaksanaannya multimedia tersebut harus diiringi dengan fungsi nyata multimedia tersebut agar tidak terjadi penyimpangan melalui kesadaran sendiri mengetahui bahwa multimedia ini sangat bermanfaat bagi kehidupan masyarakat.

 

——————— $$$ ——————-

Hasil analisa :

1.      Kata

Terdapat beberapa kata bersinonim yang diletakkan berdampingan sehingga mengakibatkan kerancuan makna kalimat. Misalnya ‘adalah-merupakan’ yang terdapat pada paragraph pertama. Selain itu cerita diatas masih terdapat kata-kata yang tidak baku yang merupakan bahsa asing seperti “negative”. Dan ada beberapa kata yang memiliki kata depan yang salah.

2.      Kalimat

Terdapat  kesalahan dalam penulisan pola kalimat. Susunan kata yang tidak teratur, penggunaan dua kata yang sama artinya, dan kesalahan ejaan mengakibatkan pola kalimat tidak efektif. Serta itu ada penyajian tanda baca yang tidak tepat.

 

3.      Kesatuan alinea

Kesatuan alinea pada cerita diatas dapat dikatakan baik. Karena antara alinea dapat diidentifikasi. dimana Alinea pertama merupakan alinea definisi, alinea kedua dan ketiga merupakan alinea penguraian, dan alinea keempat merupakan alinea kesimpulan.

4.      Topik

Topik artikel di atas menarik dan bermanfaat. Karena dengan terus berkembangnya teknologi kita harus memahami definisi teknologi atau multimedia.

5.      Isi artikel

Isi artikel yang ada sesuai dengan topic yang dibicarakan “fenomena multimedia”

6.      Logika

Artikel di atas mengandung kalimat-kalimat yang tidak logis. Kesalahan dalam memilih kata, penulisan pola, dan berbelit-belit. Contohnya bisa kita lihat pada kalimat akhir dari paragraph empat. kalimat mengakibatkan informasi yang terkandung tidak sampai kepada pembaca.