Dewasa ini sering terjadi pemberontakan-pemberontakan di timur tengah yaitu pemberontakan rakyat kepada presidennya. Bila dilihat mereka menuntut para pemimpinya tersebut untuk mundur karena selain sudah lama berkuasa dinegaranya, pemimpin tersebut juga dianggap sudah tidak bisa menjadi pemimpin dinegaranya. Pemimpin yang bersikap otoriter dan tidak perduli dengan rakyatnya.

Peristiwa ini bergantian dinegara-negara timur tengah dan Afrika. Dari mulai Tunisia dan sampai sekarang terjadi diYaman. Pergerakan mulai dari Negara Tunisia yang rakyatnya melakukan demo besar-besaran hingga behasil menggulingkan presidennya yaitu Benn Ali. Setelah kejadian tersebut Negara-negara lain mengikuti hal serupa yang menginginkan pemimpinnya mundur dari kekuasaan.

Akhir-akhir ini kejadian yang paling disorot dunia adalah peristiwa yang dilibia. Dimana sebagian rakyatnya menginginkan presidennya mundur. Sebagian rakyatnya pun didukung oleh Negara sekutu seperti AS, perancis & Inggris mereka menyerbu Negara Libia mendesak agar presiden Khadafi mundur dari jabatannya.  Khadafi pun tidak mau mundur sehingga terjadi peperangan dan akibatnya banyak orang-orang yang tidak bersalah menjadi korban.