Topik merupakan inti utama dari seluruh isi tulisan yang hendak disampaikan.Topik adalah hal yang pertama kali ditentukan ketika penulis akan membuat tulisan.Topik yang masih awal tersebut, selanjutnya dikembangkan dengan membuat cakupan yang lebih sempit atau lebih luas. Perbedaan antara topic dengan tema ialah bila topic masih bersifat umum sedangkan tema lebih mensefikasikan lagi tentang apa yang akan dibahas.

Syarat topic yang baik

Terdapat beberapa kriteria untuk sebuah topik yang dikatakan baik, diantaranya adalah topik tersebut harus mencakup keseluruhan isi tulisan, yakni mampu menjawab pertanyaan akan masalah apa yang hendak ditulis. Topic yang dibuat dapat menarik para pembaca baik kalangan muda ataupun tua.

Pembatasan Topik

Topik harus terbatas. Pembatasan sebuah topik mencangkup: konsep, variabel, data, lokasi(lembaga) pengumpulan data, dan waktu pengumpulan data. Tidak terlalu luas sehingga topic tidak meleber dengan isi yang akan dibahas. Dan tidak juga terlalu sempit  sehingga isi tidak mudah untuk dikembangkan.

Syarat pembuatan judul :

Judul harus provoaktif, artinya judul yang dibuat harus semenarik mungkin agar pembaca tertarik untuk membacanya. Judul juga harus relevan artinya ada hubungan dengan tema yang akan dibahas. Selain itu judul juga harus singkat, yaitu tidak menggunakan kalimat yang panjang. Usahakan judul yang dibuat tidak lebih dari lima kata.