Ragam bahasa adalah variasi bahasa menurut pemakaian, yang berbeda-beda menurut topik yang dibicarakan, menurut hubungan pembicara, orang yang dibicarakan, kawan bicara, serta menurut medium pembicara.

Macam-Macam dan Jenis-Jenis Ragam / Keragaman Bahasa :
1. Ragam bahasa berdasarkan  bidang tertentu seperti bahasa istilah hukum, bahasa sains, dll.

2. Ragam bahasa pada kelompok anggota masyarakat suatu wilayah atau dialek seperti dialek bahasa madura, dialek bahasa medan, dialek bahasa sunda, dialek bahasa bali, dialek bahasa jawa, dan lain sebagainya.

3. Ragam bahasa pada kelompok anggota masyarakat suatu golongan sosial seperti ragam bahasa orang akademisi beda dengan ragam ragam bahasa yang mungkin tidak sekolah.

4. Ragam bahasa pada suatu situasi seperti ragam bahasa formal dan informal.

5. Ragam bahasa pada bentuk bahasa seperti bahasa lisan dan bahasa tulisan.

Ragam bahasa ungkapan lisan

Ragam bahasa lisan adalah bahan yang dihasilkan alat ucap yaitu mulut. Dalam ragam lisan, kita berurusan dengan tata bahasa, kosakata, dan lafal. Dalam ragam bahasa lisan ini, kita dapat menggunakan ekspresi pendukung seperti tinggi-rendahnya suara, gerakan tangan dll.  dalam berkata-kata sebaiknya tidak sembarangan dan menghargai serta menghormati lawan bicara / target komunikasi.

Contohnya seperti :

1. Ragam bahasa pidato

2. Ragam bahasa kuliah, dll.

Ragam bahasa ungkapan tulis

Ragam bahasa tulis adalah bahasa yang dihasilkan dengan memanfaatkan tulisan dengan huruf sebagai unsur dasarnya. Dalam ragam tulis, kita berurusan dengan tata cara penulisan di samping aspek tata bahasa. Dengan kata lain dalam ragam bahasa tulis, kita dituntut adanya kelengkapan unsur tata bahasa seperti bentuk kata ataupun susunan kalimat, ketepatan pilihan kata, kebenaran penggunaan ejaan, dan penggunaan tanda baca dalam mengungkapkan ide dan gagasan.

Contohnya seperti  :

  1. Ragam bahasa surat
  2. Ragam bahasa undang-undang, dll.

Ragam bahasa berdasarkan topic

Ragam bahasa yang berdasarkan topic yang sedang dibicarakanpun berbeda. Missalnya Ragam bahasa yang digunakan dalam lingkungan agama berbeda dengan bahasa yang digunakan dalam lingkungan kedokteran, hukum, atau pers. Bahasa yang digunakan dalam lingkungan politik, berbeda dengan bahasa yang digunakan dalam lingkungan ekonomi/perdagangan dll. Jadi ada perbedaan dalam berbahasa maupun kalimat yang terdapat didalamnya tergantung dengan topic yang sedang dibicarakan.