Bahasa adalah suatu sistem dari lambang bunyi arbitrer yang dihasilkan oleh alat ucapan yang dikeluraan manusia dan dipakai oleh masyarakat untuk berkomunikasi, kerja sama dan identifikasi diri. Bahasa lisan merupakan bahasa primer, sedangkan bahasa tulisan adalah bahasa sekunder.

Menurut Gorys Keraf (1997 : 1), Bahasa adalah alat komunikasi antara anggota masyarakat berupa simbol bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia.

Sejak kecil, kita sudah mempelajari bahasa secara sendiri, tanpa ada yang mengajari. Kita bisa belajar sedikit demi sedikit perlahan hingga lancar. Melalui bahasa kita dapat menuangkan ide atau gagasan yang kita pikirkan.Bahasa merupakan dasar segala kegiatan yang kita lakukan.

Bahasa dibentuk oleh kaidah aturan serta pola yang tidak boleh dilanggar agar tidak menyebabkan gangguan pada komunikasi yang terjadi. Kaidah, aturan dan pola-pola yang dibentuk mencakup tata bunyi, tata bentuk dan tata kalimat. Agar komunikasi yang dilakukan berjalan lancar dengan baik, penerima dan pengirim bahasa harus harus menguasai bahasanya.

Sehingga kita harus bisa menggunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar, karena selain alat komunikasi bahasa merupakan alat penyatu bangsa Indonesia.

A. Fungsi Bahasa Dalam Masyarakat :

1. Alat untuk berkomunikasi dengan sesama manusia. Dengan berbahasa mempermudahkan kita berkomunikasi antar masyarakat.

2. Alat untuk bekerja sama dengan sesama manusia.

3. Alat beradaptasi. Indonesia mempunyai beraneka ragam budaya, salah satunya bahasa. Disetiap budaya memiliki bahasa yang berbeda. Bila kita berada dibudaya lain kita dapat menggunakan bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi utama.

4. Alat control social. Dimana bahasa dapat mengontrol kehidupan social yang terjadi dilingkungan keluarga maupun masyarakat.

B. Kedudukan Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional

Kehadiran bahasa Indonesia mengikuti perjalanan sejarah yang panjang, dimulai pada saat sebelum Negara ini sebelum merdeka hingga saat ini. Bahasa ini sangat penting bagi kelangsungan Negara ini.

Bahasa Indonesia memiliki kedudukan yang sangat penting seperti yang tercantum dalam:

  1. Ikrar ketiga Sumpah Pemuda 1928 dengan bunyi, ”Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.
  2. Undang-Undang Dasar RI 1945 Bab XV (Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan) Pasal 36 menyatakan bahwa ”Bahasa Negara ialah Bahasa Indonesia”.
  3. Hasil perumusan 25 Februari 1975.

Dari Ketiga hal tersebut, maka kedudukan bahasa Indonesia sebagai:

  1. Bahasa kebangsaan, kedudukannya berada di atas bahasa-bahasa daerah.
  2. Bahasa negara (bahasa resmi Negara Kesatuan Republik Indonesia)
  3. Lambang identitas Nasional.
  4. Alat pemersatu bangsa yang berbeda Suku,Agama,ras,adat istiadat dan Budaya.
  5. Sebagai bahasa resmi kenegaraan.
  6. Sebagai alat pengantar dalam dunia pendidikan.
  7. Sebagai pengembangan kebudayaan nasional.