Limux adalah operating system yang open source. Diciptakan oleh Linus Travolds dan masih dikembangkan terus hingga saat ini oleh para sukarelawan diseluruh dunia. Istilah linux diindonesia ialah istilah generic yang dipakai untuk mengacu kepada keseluruhaAn komunitas linux Indonesia. Linux sebuah system yang multiuser dan multitasking dengan tools kompetible UNIX yang lengkap. Operating system Linux ini dilambangkan oleh penguin.

Jenis linux pun bermacam-macam :

  1. Lycoris : distro linux yang cantik dan menyerupai WinXp dari segi warna icon maupun kemudahan lainnya.
  2. Mandrake : menyediakan banyak pengembangan dan aplikasi, selain itu juga didukung banyak bahasa diseluruh dunia. Distro ini cocok untuk para pemula yang masih belajar.
  3. Xandros : memiliki integrasi lebih baik dengan jaringan windows, dapat menjalankan aplikasi OfficeXp dll. Xandros ini termasuk produk komersil.
  4. Turbo Linux : memiliki kinerja yang cukup tinggi, dimanfaatkan untuk pasar workstation dan server terutama dalam penggunaan clustering dan berorientasi ke perusahaan.
  5. Lindows : dalam segi kecantikan memang masih kalah dibanding dengan Lycoris. Tetapi lindows ini lebih matang daripada lycoris yaitu sudah mencapai versi 4.0

Adapun kelebihan dan kekurangan yang ada pada linux ini,

Kelebihannya yaitu tidak mudah untuk terkena virus, linux dapat terbilang stabil, open source dan linux memiliki kompetibilitas kebelakang yang cukup baik, yaitu dengan menggunakan perangkat keras yang telah berusia lama tetapi masih dapat dijalankan dengan baik oleh linux.

Adapun kekurangannya ialah banyak pengguna yang belum terbiasa dengan linux, proses instalisasi software yang tidak semudah diwindows dan dukungan perangkat dari vendor-vendor yang kurang baik.