Simpati

yaitu suatu proses dimana seseorang merasa tertarik terhadap pihak lain, sehingga mampu merasakan apa yang dialami, dilakukan dan diderita orang lain. Dalam simpati, perasaan memegang peranan penting. Simpati akan berlangsung apabila terdapat pengertian pada kedua belah pihak Simpati lebih banyak terlihat dalam hubungan persahabatan, hubungan bertetangga, atau hubungan pekerjaan. Seseorang merasa simpati dari pada orang lain karena sikap, penampilan, wibawa, atau perbuatannya. Misalnya, mengucapkan selamat ulang tahun pada hari ulang tahun merupakan wujud rasa simpati seseorang.

Empati

Empati mirip perasaan simpati, akan tetapi tidak semata-mata perasaan kejiwaan saja, melainkan diikuti perasaan organisme tubuh yang sangat dalam. Contoh bila sahabat kita orangtuanya meninggal, kita sama-sama merasakan kehilangan. Kita dapat merasakan apa yang sedang teman kita rasakan.

Sikap simpati dan empati ini sangat penting untuk menjaga kerukunan diantara kita. Mungkin kita dapat berbagi kepada teman / kerabat / rekan kita, baik dikala kita merasa senang maupun pada saat kita susah. Mendorong kita untuk saling membantu antar sesame.

Sumber : http://id.shvoong.com/social-sciences/sociology/1948138-perbedaan-simpati-dan-empati/