Indonesia adalah Negara yang subur kaya akan sumber daya alam. Tapi kenapa kalimat tersebut bertolak belakang dengan keadaan penduduknya. Mungkin masih banyak yang tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-harinya.

Kita lihat saja diibu kota Jakarta tidak sedikit orang diatas mampu (kaya), tetapi tidak sedikit pula yang tidak mampu. Banyak rumah-rumah bedeng yang berdiri ditepi-tepi sungai yang seharusnya tidak didirikan tempat seperti itu. Tetapi apa daya dengan masalah ekonomi mereka hanya bisa pasrah, yang penting dapat menyambung hidup walau terus dengan keterpurukan. Sebaliknya, yang kaya terus menikmati dengan semua apa yang mereka punya seolah mereka tidak mempunyai saudara yang seharusnya mereka bantu. Dengan apa yang telah mereka miliki pun, mereka masih belum puas, hingga banyak tindakan korupsi yang merugikan rakyat-rakyat yang tidak mampu tadi.

Mungkin itulah manusia yang mempunyai sifat serakah, yang selalu tidak puas terhadap apa yang telah mereka punya. Yang kaya pun tambah kaya, yang miskin pun semakin terpuruk.