Sepakbola adalah olahraga yang banyak disukai oleh masyarakat dunia, Lebih khususnya Indonesia . digemari oleh semua kalangan, baik anak-anak maupun dewasa. Tidak sedikit pula disukai oleh kaum wanita.

Tetapi sangat disayangkan Negara Indonesia yang masyarakatnya menggemari sepakbola, namun bisa dibilang semakin lama persepakbolaan Negara kita semakin menurun. Kita ambil contoh kejadian yang sangat mengundang perhatian adalah perbuatan criminal yang dilakukan para supporter belakangan ini. Tidak mengerti apa yang sebenarnya yang dipikirkan oleh mereka? Mereka mengaku mencintai sepakbola tetapi melakukan perbuatan yang tak seharusnya mereka lakukan. Kalau seperti itu Bukan prestasi yang didapat melainkan dampak negative yang dirasakan.

Kita tentu tahu bahwasanya Indonesia mengajukan sebagai tuan rumah tunggal piala dunia 2022. Dan kita tahu juga bahwasanya itu semua sekarang tinggal wacana saja. Badan FIFA dunia mencoret Indonesia sebagai daftar tuan rumah piala dunia 2022. Ini mungkin sangat disayangkan. Saya berharap persepakbolaan Indonesia mendatang akan lebih maju lagi, tentunya kita semua menginginkan tampilnya sepakbola Indonesia diajang pentas dunia dimanapun piala dunia itu dilaksanakan.