Pada akhir-akhir ini ada kejahatan perbankan yang dilakukan dengan menggunakan system fasilitas yang diberikan pada nasabahnya yaitu ATM. Sebenarnya kejahatan perbankan tidak pada saat-saat sekarang saja terjadi, mungkin hanya modus nya saja yang berbeda-beda. Dengan terus berkembangnya teknologi semakin banyak cara kejahatan yang dilakukan.

Belum lama terjadi kejahatan perbankan yang menggunakan mesin ATM, yang dialami oleh beberapa bank diindonesia, seperti mandiri, BCA, BNI, dll. Penjahatnya dengan bermodalan alat seperti sceener dan kamera kecil untuk membuat kartu ATM palsu. Sceener ini digunakan untuk membaca nomer yang ada dikartu ATM, alat ini diletakan dibagian ujung dari mulut mesin ATM, ketika kartu ATM dimasukan alat tersebut membaca nomer yang ada. Dan kamera digunakan untuk mengintip PIN yang biasa kita masukan pada saat kita bertransaksi. Lalu mereka membuat kartu ATM palsu dan menguras habis uang yang ada. Parahnya lagi alat-alat seperti itu banyak dijual ditempat pusat-pusat computer . selain itu juga kurangnya pengamanan seperti pihak penjaga keamanan terhadap mesin-mesin ATM. Sehingga mencegah leluasanya orang untuk melakukan kejahatan.

Untuk menghindari itu semua ada beberapa cara pada pengguna ATM :

  1. Pada saat ingin bertransaksi pastikan mesin ATM tidak ada barang yang mencurigakan.
  2. Gantilah nomer PIN secara rutin.

Dengan banyaknya tindak kejahatan karena semakin majunya teknologi, kita harus lebih berhati-hati dalam bertindak. Agar kita tidak menjadi korban dari orang-orang yang tidak bertanggungjawab.