Penyakit hati adalah penyakit yang allah sangat tidak sukai, merupakan perbuatan tercela yang harus kita hindarkan.

Adapun penyakit-penyakit tersebut adalah :

1. Iri hati

Yaitu suatu sifat atau perilaku yang tidak senang bila orang mendapatkan rezeki atau kesenangan, cenderung untuk menyainginya dan berusaha agar dirinya tidak tersaingi oleh orang lain.

2. Dengki

Dengki artinya tidak terlalu beda dengan iri hati, dirinya merasa tidak senang bila orang lain mendapat kesenangan dan ia berusaha untuk menghilangkan kesenangan yang dialami orang tersebut. Dan ini sangat berbahaya bila kita mempunyai rasa dengki yang tinggi.

3. Hasud

Sama halnya dengan arti provokasi, yaitu sifat yang ingin selalu mempengaruhi orang lain agar orang tersebut marah atau kesal sehingga menimbulkan perpecahan diantara kita, terjadi permusuhan dan putusnya tali persaudaraan.

4. Fitnah

Ada kalimat bahwa fitnah adalah lebih kejam dari pembunuhan. Sifat ini suka menjelek-jelekkan dan membohongi orang agar terjadi perselisihan. Dan kerap jaga terjadi hal-hal yang tidak diinginkan karena hanya sifat fitnah ini.

5. Buruk sangka

Sifat yang sering curiga terhadap orang lain bahwa berbuat keburukan tanpa disertai bukti yang jelas.

6. Khianat

Khianat ialah semacam halnya orang yang tidak bertanggung-jawab atas kepercayaan yang telah diberikan kepadanya. Terkadang sering berbicara bohong/ tidak benar. Perbuatan ini termasuk perbuatan munafik dan merugikan dirinya sendiri. Karena dengan berkhianat dirinya tidak akan dipercaya lagi.

7. Riya

Yaitu suatu perbuatan kebaikan yang dilakukan karena ingin dilihat dan dipuji oleh orang lain bukan semata-mata karena allah SWT. Sombong ialah menganggap bahwa dirinya besar dan memandang orang lain rendah.

Dari hal-hal diatas marilah kita jauhi penyakit hati tersebut. Jangan sampai kita termasuk kedalam orang-orang tersebut. Karena selain allah sangat tidak menyukai, penyakit hati juga sangat merugikan bagi pribadi diri kita sendiri.