Sebagai umat islam kita harus wajib mengetahui rukun-rukun yang ada yaitu rukun islam dan rukun iman. Pada artikel ini saya akan membahas sedikit tentang hal-hal yang ada dirukun islam.

Rukun islam ada empat yaitu :

  1. Membaca syahadat
  2. Mengerjakan shalat
  3. Berpuasa
  4. Zakat
  5. Naik Haji bila mampu

SYAHADAT

Suatu ucapan yang harus diucapkan dimana berisi bahwa “tiada tuhan yang yang berhak disembah melainkan Allah dan nabi Muhammad sebagai utusan-Nya”.

Disini jelas kita yakin dan seyakin-yakinya bahwa Allah yang berhak disembah yang maha tinggi. Tiada tempat kita berlindung, meminta, memohon selain kepada-Nya.

SHALAT

Shalat merupakan tiang agama. Ia sebagai rukun terpenting Islam setelah dua kalimat syahadat. Seorang muslim wajib memeliharanya semenjak usia baligh (dewasa) hingga mati. Ia wajib memerintahkannya kepada keluarga dan anak-anaknya semenjak usia tujuh tahun dalam rangka membiasakannya. Allah ta’ala berfirman :

“Sesungguhnya sholat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman (An Nisa: 103)

Dalam melakukan shalat kita harus bersih dari berbagai jenis hadast, baik besar maupun kecil. Dalam sehari terdapat lima waktu Isya, Shubuh, Dhuhur, Asar dan Maghrib. Semuai itu wajib dikerjakan, karena tadi sudah dijelaskan bahwasanya shalat adalah rukun terpenting setelah syahadat. Jangan sampai kita sebagai umat islam untuk melalaikannya.

BERPUASA

Puasa ada yang berhukum wajib dan ada yang sunah. Salah satu yang sunah ialah puasa yang disebut senen-kamis. Mendapatkan pahala jika dilakukan dan tidak apa-apa jika tidak dilakukan.

Contoh pada puasa wajib ialah puasa pada saat Blan Ramadhan, dimana kita berpuasa dalam sebulan lamanya.

Dalam puasa terdapat beberapa manfaat tak terhingga. Diantara yang terpenting :

  1. Merupakan ibadah kepada Allah dan menjalankan perintah-Nya. Seorang hamba meninggalkan syahwatnya, makan dan minumnya demi Allah.
  2. Adapun manfaat puasa dari sudut kesehatan, ekonomi, sosial maka amat banyak. Tidak ada yang dapat mengetahuinya selain mereka yang berpuasa atas dorongan akidah dan iman.

ZAKAT

Allah telah memerintahkan setiap muslim yang memilki harta mencapai nisab untuk mengeluarkan zakat hartanya setiap tahun. Diberikan kepada fakir, miskin, fisabililah dan lainnya yang berhak untuk menerimanya.

Kadar zakat pada emas, perak dan barang-barang dagangan 2,5 % setiap tahunnya. Pada biji-bijian dan buah-buahan 10 % dari yang diairi tanpa kesulitan seperti yang diairi dengan air sungai, mata air yang mengalir atau hujan. Sedang 5 % pada biji-bijian yang diairi dengan susah seperti yang diairi dengan alat penimba air.

HAJI

Rukun Islam kelima adalah haji ke baitullah Mekkah sekali seumur hidup. Dimana diwajibkan kepada setiap muslim yang mampu, baik materi dan fisik. Ibadah ini sangat amat special karena belum tentu setiap orang dapat melakukannya. Maka dari itu Allah menjanjikan pahala yang besar bagi setiap muslim yang melakukannya dengan tulus untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.