Indonesia adalah suatu Negara maritime, dimana karena Indonesia merupakan gugusan dari pulau-pulau, baik pulau kecil maupun pulau besar, yaitu Negara yang membentang dari sabang sampai merauke. Indonesia juga bisa dibilang mempunyai letak yang strategis, karena dilalui oleh garis khatulistiwa yang membentang diprofinsi Kalimantan.

Indonesia ialah Negara yang mempunyai banyak gunung berapi sehingga tanah yang kita miliki sangat subur, yang mungkin tidak dimiliki oleh negara lain. Sumber Daya Alamnya pun sangat melimpah ruah. Tetapi sangat disayangkan semua itu tidak didukung dengan Sumber Daya Manusianya. Banyak sumber daya alam yang kita miliki dikelola olah pihak asing. Dimana mereka membeli bahan mentah dari Negara kita dengan harga yang murah dan dikelola dinegara mereka lalu hasil/outputnya dijual kembali kenegara kita dengan harga yang mahal. Salah satu yang sangat besar ialah penambangan emas di Papua (freepot). Ujung-ujung nya rakyat indonesia yang tidak bisa menikmati Sumber Daya Alam yang dimiliki nya sendiri. Ini sangat-sangat disayangkan.

Seandainya kita sendiri (orang Indonesia) yang mengelolah Sumber Daya Alam yang melimpah ini betapa maju dan sejahteranya bangsa ini. Tetapi dengan melihat yang terjadi pada saat ini sangat amat bertolak belakang. Semoga Indonesia yang kita cintai ini terus maju dan maju tanpa mengendalikan pihak asing yang sesungguhnya merugikan bagi negara ini.