Rokok adalah benda beracun yang memberi efek santai dan sugesti merasa lebih jantan. Di balik kegunaan atau manfaat rokok yang secuil itu terkandung bahaya yang sangat besar bagi orang yang merokok maupun orang di sekitar perokok yang bukan perokok. Saat ini di dunia setiap dua detik satu orang meninggal akibat rokok. Ia mengatakan, kondisi perokok di Indonesia memprihatinkan sebab Indonesia menempati urutan ke-3 terbesar dalam jumlah perokok. Lebih memprihatinkan lagi 70 persennya perokok di Indonesia adalah masyarakat kurang mampu. Rokok mengandung kurang lebih 4000 elemen-elemen, dan setidaknya 200 diantaranya dinyatakan berbahaya bagi kesehatan. Racun utama pada rokok adalah tar, nikotin, dan karbon monoksida.

  • Tar adalah substansi hidrokarbon yang bersifat lengket dan menempel pada paru-paru. Tar dapat merangsang jaln napas, dan tar tersebut tertimbun disaluran itu yang menyebabkan :
  1. 1.      Batuk-batuk dan sesak napas
  2. 2.      Tar yang menempel dijalan napas dapat menyebabkan kanker jalan napas, lidah atau bibir
  • Nikotin adalah zat adiktif yang mempengaruhi syaraf dan peredaran darah. Zat ini bersifat karsinogen, dan mampu memicu kanker paru-paru yang mematikan.

        Karbon monoksida adalah zat yang mengikat hemoglobin dalam    darah,  membuat darah tidak mampu mengikat oksigen.

Efek racun pada rokok ini membuat pengisap asap rokok mengalami resiko (dibanding yang tidak mengisap asap rokok):

  • 14x menderita kanker paru-paru, mulut, dan tenggorokan
  • 4x menderita kanker esophagus
  • 2x kanker kandung kemih
  • 2x serangan jantung

Rokok juga meningkatkan resiko kefatalan bagi penderita pneumonia dan gagal jantung, serta tekanan darah tinggi. Selain itu Asap rokok yang baru mati di asbak mengandung tiga kali lipat bahan pemicu kanker di udara dan 50 kali mengandung bahan pengeiritasi mata dan pernapasan. Semakin pendek rokok semakin tinggi kadar racun yang siap melayang ke udara. Suatu tempat yang dipenuhi polusi asap rokok adalah tempat yang lebih berbahaya daripada polusi di jalanan raya yang macet.

 Rokok bersifat candu dimana dapat membuat kita ketagihan terus untuk menghisapnya. Banyak orang yang merelakan tidak makan hanya untuk membeli sebatang rokok. Padahal dari bahan-bahan baku dan efek yang sudah dijelaskan diatas sangat-sangat merugikan bagi tubuh kita. Dan apalah arti sebuah rokok hanya menghisap sebuah asap tapi membawa dampak yang sangat besar.

Maka dari itu sangat setuju sekali kalau rokok dimasukan kedalam barang yang diharamkan. Karena dapat merusak tubuh tanpa kita sadari sendiri. Jadi untuk sebisa mungkin jauhilah benda tersebut bagi orang yang belum pernah menyentuhnya. Dan bagi orang yang sudah telanjur perokok sebaiknya perlahan untuk dapat mengurangi atau kalau bisa menjauhunyi.

Iklan